"SELAMAT DATANG DI TOKO BUNGA INDONESIA ONLINE 24 JAM"

Roncean Bunga Melati Untuk Acara Pernikahan

Pengantin dan rangkaian bunga melati atau sering disebut sebagai Roncean Melati memang dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tradisi ini sudah bukan hal yang baru lagi di Indonesia, Roncean melati ini digunakan pengantin adat Jawa, Jojga, Solo, Sunda, Batak, Betawi, Aceh, Palembang dan lain-lain termasuk juga gaya pengantin muslim Indonesia, bunga melati mempunyai peran yang penting.

Bunga melati digunakan untuk melengkapi kembar mayang dan sesaji serta dipakai untuk menghiasi penampilan pengantin laki-laki maupun perempuan.
Namun demikian roncean bunga melati juga digunakan untuk hal-hal sebagai berikut:

- Bunga Bangun Tulak
Roncean melati yang satu ini digunakan untuk menutupi lubang sanggul Bangun Tulak, supaya irisan pandan tidak kelihatan sekaligus sebagai hiasan sanggul agar terlihat lebih menarik. Bentuknya berupa rangkaian melati yg masih kuncup dirangkai secara berurutan dari kelopak ke batang bunga yg panjang kemudian dilingkarkan hingga membentuk oval.

- Bunga Kolong Keris
Atau sering disebut juga bunga Manggaran yakni rangkaian bunga melati untuk kalung keris pengantin pria.Dibuat dari 2 jenis bunga melati yg masih kuncup dan setengah mekar, bunga aster, bunga kantil dan bunga mawar merah.

- Bunga Gombyok Keris
Rangkaian melati yang satu dibuat dengan model usus-ususan atau disebut bawang sebungkul yg dipasang pada roncean kolong keris, pada sambungannya ditambah mawar merah.
- Tiba Dodo atau Jatuh Dada
Roncean bunga melati ini memakai bentuk bawang sebungkul. Tiba dodo terdiri dari tiga untaian melati berbentuk bawang sebungkul.

- Kalung
Rangkaian bunga melati dengan berbentuk banga sebungkul yg dibuat melingkar untuk dijadikan kalung bagi pengantin pria.

- Lar laran
Roncean ini dipakai diatas sanggul sebagai pembatas antara rambut asli pengantin wanita dengan sanggul hair peacenya. Rangkaian bunga melati ini dimulai dengan menusukkan pada badan bunga sebanyak-banyaknya yang kemudian diatur menjadi rata dan melingkar serta di buat sepanjang lebar sanggul yg di gunakan.
Namun selain dipakai untuk hal-hal diatas, roncean bunga melati ternyata masih bisa digunakan untuk hal-hal lain yang tidak memungkinkan saya untuk menyampaikan semuanya disini. Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih ^^

Posting Komentar