"SELAMAT DATANG DI TOKO BUNGA INDONESIA ONLINE 24 JAM"

Ayo Membuka Bisnis Toko Bunga

Ayo Membuka Bisnis Toko Bunga : Ini 6 Tips Sukses, Tantangan, dan  Modal Usaha

Bisnis Toko Bunga merupakan jenis usaha yang sedang berkembang di kota-kota besar Indonesia. Banyaknya permintaan Toko Bunga dari berbagai pihak menjadikan bisnis ini sangat potensial untuk dirintis dan menghasilkan laba dimasa depan.

Kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya,Solo,Medan,Semarang,Batam,Makassar Bandung merupakan tempat yang cocok bagi anda yang akan memulai bisnis Toko Bunga. Hal ini dikarenakan seringnya masyarakat disana yang mengadakan berbagai acara seperti seminar, wisuda, pernikahan dimana permintaan akan  Toko Bunga sangat tinggi.

Masyarakat di kota-kota besar beranggapan bahwa Toko Bunga merupakan bentuk rasa simpati yang mereka tunjukkan kepada rekan mereka yang merayakan acara. Apalagi ditambah aktivitas masyarakat perkotaan yang sangat sibuk sehingga terkadang sulit untuk datang ke acara yang diadakan oleh rekan mereka.

Bisnis Toko Bunga
Bisnis Toko Bunga Via www.kingflorist.co.id
Dengan adanya jasa Toko Bunga ini, mereka yang tidak sempat datang ke acara tersebut bisa mengirimkan ucapan selamat atau belasungkawa kepada rekan mereka.

Kesibukan dan pola aktivitas masyarakat perkotaan inilah yang harus dimanfaatkan sebagai sebuah potensi bisnis. Anda bisa memulai bisnis Toko Bunga untuk memberikan solusi kepada masyarakat perkotaan tersebut. Toko Bunga yang memiliki kesan mewah, simple, dan formal pasti mendapatkan pasar yang sangat luas di perkotaan besar.

Agar anda sukses menjalankan usaha ini, berikut panduan berbisnis Toko Bunga yang bisa anda terapkan mulai dari tips sukses, hambatan dalam usaha, dan analisa usahanya.

Selamat Membaca,

Tips Sukses Bisnis Toko Bunga
Dimana Lokasi Usaha yang Pas ?
Seperti yang telah dijelaskan diatas, bisnis Toko Bunga sangat cocok untuk dijalankan diperkotaan yang padat dengan aktivitas. Kota besar merupakan pusat dari berbagai acara seperti pernikahan, seminar, wisuda yang merupakan target pasar anda.

Di kota kecil banyak pernikahan, mengapa tidak buka disana ?

Memang benar bukan hanya kota besar saja yang memiliki banyak acara pernikahan namun juga perkotaan kecil. Namun, masyarakat diperkotaan kecil masih sangat sedikit menggunakan Toko Bunga untuk mengucapkan selamat atau belasungkawa. Artinya, permintaan Toko Bunga di perkotaan kecil masih rendah.

Ditambah lagi pola hidup masyarakat diperkotaan kecil yang tidak terlalu padat. Sehingga masih mampu untuk menyisihkan waktu untuk sekedar menghadiri acara yang diadakan rekan-rekan mereka.

Jadi, pilihlah kota besar untuk menjadi tempat anda untuk memulai usaha Toko Bunga.

Selanjutnya, setelah itu anda perlu untuk menentukan lokasi usaha yang tepat. Bukan berarti jika lokasi usaha anda berada dikota besar, pasar langsung datang menghampiri anda. Pilihlah lokasi usaha yang strategis mudah terlihat oleh banyak orang dan tepat berada ditengah-tengah kota.

Tempat yang mudah terlihat bisa dekat dengan jalan raya, sehingga masyarakat yang berlalu lalang bisa melihat bisnis yang anda jalankan. Semakin banyak masyarakat yang melihat akan semakin diketahui usaha yang anda jalankan, sehingga konversi transaksi akan besar terjadi.

Kemudian pemilihan lokasi yang tepat berada ditengah-tengah kota bertujuan untuk memudahkan akses pengantaran. Masyarakat yang memesan bunga pasti membutuhkan jasa untuk mengantarkan pesanan bunga tersebut. Jika lokasi usaha anda tepat berada di tengah-tengah kota, maka keuntungan akan anda dapatkan. Akses mengantar Toko Bunga ke berbagai pelanggan akan mudah anda lakukan karena lokasi yang ada ditengah kota tersebut.

Siapa Pasar Anda ?
Bisnis Toko Bunga memiliki pasar masyarakat perkotaan yang memiliki berbagai acara. Acara pernikahan, seminar, pelantikan,wisuda, kematian merupakan ladang emas bagi usaha anda.

Melihat dari jenis acaranya artinya pasar yang anda target adalah masyarakat yang memiliki ekonomi menengah ke atas. Kelas menengah ke atas merupakan jenis pasar yang tidak terlalu sensitif dengan harga yang tiinggi. Jika anda memiliki kualitas yang bagus dan bisa dipercaya, mereka pasti akan menggunakan jasa Toko Bungan anda.

Dikarenakan pasar anda adalah masyarakat menengah ke atas maka lokasi yang berada ditengah-tengah kota merupakan lokasi usaha yang sangat tepat. Para pengusaha, eksekutif, pejabat pemerintahan, dan tokoh politik akan sangat mudah menemukan tempat usaha anda.

Tepat Waktu Pengiriman
Sebagai pemilik bisnis Toko Bunga, maka anda dituntut untuk turut mengantarkan Toko Bunga yang dipesan oleh pelanggan anda. Mengantar Toko Bunga merupakan pelayanan yang harus anda perhatikan dengan sangat ketat. Jika anda menggunakan karyawan untuk mengantarkan Toko Bunga, maka anda harus menekankan kepada mereka tentang pentingnya ketapatan waktu.

Jangan pernah mengantarkan bunga pada saat acara tersebut telah selesai dilaksanakan. Pemesan Toko Bunga pasti menginginkan bunga tersebut dilihat oleh rekan mereka yang mengadakan acara. Jika anda telat mengantarkan bunga, maka siapa yang akan melihat Toko Bunga tersebut.

Anda sebagai pemiliki usaha harus paham lalu lintas kota tempat anda menjalankan usaha. Pahami jam-jam sibuk yang berpotensi mengalami kemacetan. Kemacetan merupakan salah satu faktor anda telat mengantarkan Toko Bunga. Lebih bijak jika anda mengantar Toko Bunga tidak pada jam-jam sibuk perkotaan.

Sebagai cara alternatif, anda bisa mencari jalan-jalan alternatif yang bisa anda lalui untuk sampai ke tempat pelanggan. Jalan altenatif bisa anda gunakan apabila jalan utama dilanda kemacetan yang parah. Memahami rute mutlak dimiliki oleh para pegawai anda juga, agar mereka bisa mengantarkan Toko Bunga dengan tepat waktu.

Kerjasama Dengan Suplier Bunga

Bisnis Toko Bunga tidak bisa anda lakukan seorang diri. Anda sebagai pengusaha membutuhkan banyak jaringan untuk menyukseskan usaha anda. Jaringan yang mutlak anda perlukan adalah pemasok bunga. Tanpa adanya pihak yang memasok bunga, usaha anda tidak akan bisa berjalan. Apalagi tidak mungkin untuk menyediakan bunga sendiri dengan menanamnya, karena hal itu sangat tidak efisien untuk dilakukan.

Lakukan survey untuk menentukan pemasok bunga anda. Jangan asal memilih pemasok bunga, kualitas bunga yang buruk akan berdampak pada usaha anda. Carilah pemasok yang menyediakan bunga dengan kualitas baik. Bertanyalah dengan mereka yang telah lebih dulu memulai usaha ini untuk menemukan pemasok bunga yang berkualitas.

Jika anda telah menemukan pemasok tersebut, jadikanlah mereka sebagai mitra anda. Jalin kerjasama dan sampaikan bahwa anda ingin mereka menjadi pemasok utama untuk usaha Toko Bunga.

Bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan kemudahan dari mereka jika sudah bekerja sama. Bisa kemudahan berupa antar bunga langsung ketempat anda atau memperoleh potongan harga dari bunga yang anda pesan.

Inilah keuntungan dan manfaat yang diperoleh dari kerja sama yang anda jalin yaitu kemudahan dan hubungan yang sama-sama menguntungkan. Hal ini tentu tidak akan anda dapatkan jika memilih untuk bekerja sendiri dan tidak mencari pemasok utama. Kerepotan menemukan bunga yang berkualitas dan harga yang cocok pasti akan anda hadapi.

Cari Karyawan

Dengan adanya tambahan karayawan yang membantu anda, bisnis Toko Bunga yang dijalankan pasti akan lebih mudah dilakukan. Sangat tidak mungkin anda melakukan usaha ini tanpa bantuan orang lain, jadi mulailah untuk merekrut orang untuk bagian-bagian yang vital dalam usaha.

Pertama, anda harus merekrut orang yang bertugas mengantarkan pesanan bunga kepada pelanggan. Dalam memilih karyawan untuk posisi ini anda harus berhati-hati, karena mereka membawa mobil perusahaan untuk mengantarkan bunga.  Jika memungkinkan rekrutlah keluarga yang belum memiliki pekerjaan sebagai pengantar pesanan bunga. Karyawan yang berasal dari keluarga pasti akan lebih anda percayai dan sangat kecil kemungkinan mereka untuk melakukan penyelewengan.

Kedua, anda harus merekrut karyawan yang bertugas merangkai bunga pesanan pelanggan. Dikarenakan merangkai bunga memerlukan keterampilan, maka sebelum menerjunkan mereka langsung anda harus melatih mereka terlebih dahulu. Berikan mereka pelatihan dasar tentang cara merangkai bunga yang baik, latihlah mereka dengan sabar dan tidak terburu-buru.

Untuk posisi perangkai bunga, anda harus memilih orang yang memiliki kreativitas yang tinggi. Karyawan yang memiliki kreativitas yang tinggi akan mampu untuk melahirkan karya-karya yang brilian yang akan mendukung perlembangan usaha anda.

Kedua posisi tersebut merupakan posisi yang sangat vital dalam bisnis Toko Bunga, jadi bijaksanalah dalam merekrut karyawan. Apabila usaha anda telah maju berkembang, selanjutnya anda bisa merekrut tambahan karyawan untuk membantu anda. Sebagai contohnya merekrut customer service yang bertugas melayani pelanggan via telpon dan staff keuangan yang bertugas untuk membuat laporan keuangan usaha anda.

Ini Kiat Mempromosikan Bisnis Toko Bunga
Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, melakukan promosi bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Manfaatkanlah media sosial dan buatlah website untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan diluar sana.

Gunakan Instagram sebagai media sosial untuk melakukan promosi usaha. Upload Toko Bunga dengan semenarik mungkin agar pelangan tertarik dengan usaha anda. Sediakan juga informasi tempat usaha dan kontak anda agar para pelanggan mudah untuk melakukan pemesanan Toko Bunga.

Gunakanlah pula website sebagai sarana anda dalam mempromosikan usaha yang dirintis. Jelaskan secara rinci harga sewa Toko Bunga dan contoh Toko Bunga yang telah anda rangkai. Cara seperti ini efektif untuk mendapatkan pelanggan yang sibuk dan tidak sempat untuk datang secara langsung.

Walaupun teknologi bisa mendukung promosi usaha anda, jangan pernah melupakan teknik promosi secara konvensional. Manfaatkan media cetak dan banner untuk mengenalkan usaha Toko Bunga anda. Carilah koran lokal yang memiliki pembaca terbesar dikota anda sebagai media untuk berpromosi. Tempatkan pula banner di setiap sudut kota agar mudah dilihat oleh para pelanggan anda.

Anda bisa juga menawarkan usaha anda melalui mulut ke mulut, caranya adalah dengan menawarkan jasa kepada teman-teman anda. Teman yang anda kenal akan lebih percaya dengan usaha anda karena adanya ikatan emosional yang telah anda bangun dengan mereka.

Jika teman anda merasa puas dengan jasa anda, mereka pasti dengan sendirinya merekomendasikan jasa anda kepada orang lain yang mereka kenal. Inilah yang disebut dengan kekuatan promosi dari mulut ke mulut.

Mengkombinasikan promosi konvensional dan media sosial akan menjadikan usaha yang anda rintis lebih mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Jadi, jangan hanya terpaku dengan satu jenis media promosi saja. Manfaatkanlah sebanyak-banyaknya media promosi untuk mendukung kesuksesan usaha anda.

Hambatan Berbisnis
Permintaan Naik-Turun

Bisnis Toko Bunga sangat tergantung dengan banyak tidaknya acara yang sedang diselenggarakan dikota anda. Acara wisuda dan pelantkan pejabat tidak setiap hari terjadi di sebuah kota. Begitu juga dengan acara pernikahan yang biasanya sering diadakan pada saat sabtu dan minggu.

Dengan adanya hal diatas usaha Toko Bunga yang anda jalani akan mengalami kondisi naik dan turun permintaan pasar. Jadi untuk mengatasi masalah ini, anda harus menyiapkan karyawan anda untuk terus ada walaupun hari minggu datang. Hal ini dikarenakan permintaan Toko Bunga sangat banyak pada hari tersebut.

Anda juga harus proaktif mengetahui perkembangan dikota anda. Tujuannya agar mengetahui acara yang kemungkinan akan menggunakan jasa anda. Jika anda sudah mengetahui jadwal tersebut, anda sudah bisa jauh-jauh hari menyiapkan karyawan untuk stand by merangkai bunga dan mengantarkannya.

Harga Bunga yang Fluktuatif dan Keterbatasan Varian
Kendala selanjutnya yang dihadapi dalam bisnis Toko Bunga adalah kondisi harga bunga yang mengalami fluktuatif dipasar. Harga bunga yang naik dan turun akan mengakibatkan kesulitan dalam menentukan harga pokok bunga yang diperoleh. Apalagi bunga yang anda pesan jumlahnya tidak sedikit dan akan sangat sulit sekali untuk mengetahui masing-masing harga pokoknya.

Kendala selanjutnya yang muncul dalam usaha ini adalah keterbatasan varian bunga dari para pemasok bunga. Keterbatasan varian bunga bisa karena stok yang habis dari para pemasok atau bisa karena bunga yang bersifat musiman.

Jika kendalanya adalah karena pemasok kehabisan stok bunga, anda bisa mencegahnya dengan bekerja sama dengan lebih dari satu pemasok bunga. Sehingga disaat ada pemasok yang tidak memiliki stok, anda bisa menghubungi pemasok yang lain.

Atau anda bisa menggunakan sistem order langsung, dimana anda telah sepakat dengan pemasok bahwa setiap bulannya harus ada sekian puluh bunga masuk ke dalam toko anda.  Dengan cara ini, pemasok anda pasti akan lebih memprioritaskan untuk memenuhi pesanan anda.

Namun, jika jenis bunga tertentu tidak bisa disediakan anda bisa menawarkan alternatif lain. Dimana anda bisa menawarkan alternatif bunga yang lain kepada pelanggan anda. Alternatif bunga yang anda tawarkan haruslah memiliki nilai yang sama, agar pelanggan anda tidak merasa kecewa dan dirugikan.

Analisa Modal Usaha
Agar memudahlan anda untuk memulai usaha Toko Bunga, berikut analisa modal beserta perkiraan laba yang mungkin bisa anda dapatkan.

MODAL AWAL TOKO BUNGA

Rangka,Stereofom,Oasis,Spoon + Bunga + Jarum (@1.500.000)                                                                Rp 15.000.000
Mobil & Motor Delivery, tergantung daerah, bisa cash dan kredit

total keuntungan bersih 10-15 perbulan

Asumsi diatas adalah jika anda mampu menjual 4-6 papan bunga standar dalam satu hari selama satu bulan penuh. Jika anda bisa menyewakan lebih banyak papan bunga dan juga menyewakan papan bunga yang premium, omset yang anda dapatkan bisa lebih besar dari perkiraan tersebut. Jadi, besar kecilnya laba yang akan anda dapatkan sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya papan bunga yang anda sewakan.

Jika anda, telah selesai membaca tips, hambatan, sampai analisa usaha Toko Bunga. Sekarang saatnya anda melakukan aksi nyata dengan mewujudkan bisnis yang anda idamkan.

Selamat Berwiraswasta!!

Toko Bunga Toko Bunga Jam
Rangkaian bunga ini sangat cocok sekali untuk pengiriman bunga ucapan selamat dan bunga ucapan duka cita082122020209.

Posting Komentar