tus

Bunga Duka CitaBunga Papan UcapanBunga Standing

Bunga Meja MawarBunga Meja TulipBunga Meja Lili

Parsel BuahBunga Meja EleganceBoneka dan Buah
0

Selasa, 17 Juli 2012

Khasiat Yang Terdapat Pada Bunga Lily

Bunga lily dikenal dengan bentuk khasnya yang sangat cantik,bunga lily berbentuk seperti Linkcorong dan biasanya berwarna putih, tapi sering dengan adanya perkembangan teknologi maka sudah banyak dilakukannya mutasi gen, sehingga bunga putih lily bisa menampilkan warna yang lebih beragam. Karena keindahannya contoh bunga lily putih, bunga calla lily serta bunga lily lilium formosanum seringkali dijadikan sebagai tanaman hias atau pun bunga lily putih potong.

Bunga lily termasuk herba yang mempunya umbi lapis yang tingginya bisa mencapai sekitar 0,5 sampai 1,3 meter,bunga Lily merupakan tumbuhan yang berasal dari tiongko. Biasanya tumbuhan bunga lily putih hidup dengan baik di daerah pegunungan dengan suhu yang relative dingin. Tidak banyak yang mengetahui bahwa dibalik keindahannya, bunga lily juga memiliki khasiat sebagai obat. Menurut prof.hembing wijayakusuma dalam bukunya ensiklopedia tumbuhan bunga lily berkhasiat sebagai obat, sifat kimiawi dari bunga lily adalah dingin, manis, dan agak sedikit pahit. Efek farmakologis yang dikandung bunga lily adalah sebagai obat batuk (antitusif) dan juga penenang (sedatif). Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan bunga lily adalah batuk, bengkak dan bisul, amandel, radang saluran nafas, radang paru-paru, asma, sakit lambung, diare kronis, sakit perut setelah melahirkan, serta jerawat.

Jika anda mengalami batuk (tussis) bisa menggobatinya dengan ramuan dari bunga lily, 10 gram umbi bunga lily, 10 gram kulit jeruk mandarin yang sudah kering, direbus dengan menggunakan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, tambahkan 5 gram umbi anggrek tanah, kemudian diaduk, lalu diminum selagi hangat. Jika batuk karena influenza bisa di obati dengan ramuan, 10 gram umbi bunga lily ditambah 5 gram daun menthol yang sudah kering dan 7 lembar daun sirih, direbus dengan menggunakan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian disaring, lalu diminum selagi hangat.Untuk mengatasi batuk rejan (pertussis) bisa menggobatinya dengan ramuan, 15 gram umbi bunga lily putih dan gula merah secukupnya direbus dengan menggunakan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring lalu airnya diminun selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.